Friday, October 26, 2012

Pendekatan Islam untuk Konservasi Lingkungan

WORLDVIEW COVET VOLUME 16 NO 3 2012
Awal Oktober ini terbit pembahasan khusus tentang Muslim Environmentalism atau gerakan lingkungan di kalangan Muslim dalam  WORLDVIEW sebuah jurnal yang sangat berpengaruh tentang agama global,  ekologi dan budaya (global religions, cultures and ecology). Jurnal menjadi special issue Islam and Ecology: Theology, Law and Practice of Muslim Environmentalism dibahas oleh pakar yang handal dalam bidang ini antara lain David Johnston dari Visiting Scholar University of Pensylvania dan Jonathan Brackopp ahli guru besar  dari Univ Pennsylvania State University yang memberikan kata pengantar pada special issue edisi khusus ini.

Kontent dalam jurnal ini cukup komprehensip sehingga sebagai berikut:

Saya memberikan kontribusi bersama Jeann McKay untuk membagi tentang pengalaman pengembangan penyadaran konservasi dan gerakan lingkungan melalui ajaran Islam di Indonesia. Praktis jurnal ini hampir seluruhnya agak streriotiope membahas Indonesia yang memang dipandang aktif dalam mengembangkan pendekatan ini.

Hal yang menarik adalah bahwa investasi pemikiran ternyata berkembang demikian lamban tetap tetap progressif, pemikiran lingkungan diletakkan oleh SH Nasr dan Iqbal tahun 1960an, sedangkan pemikiran teologisnya berkembang tahun 1980an, namun aksi-aksinya baru dapat dirasakan sekarang ini.

LINK TERKAIT

2 comments:

Akhmad Baiquni said...

Benar Pak, aksi sekarang lebih aktif, namun masih sekitar protes dan penyakit hati, untuk masalah lingkungan tidak ada yg protes.

Kesan muslim hijau diganti oleh muslim hitam doyan kekerasan

fachruddin mangunjaya said...

Pak Akhmad Baiquni, kita perlu menularkan kebaikan dan harus terus berupaya. Kekerasan tetap harus disalahkan yang berbuat baik tetap lebih banyak hanya tidak diliput media. Makanya kita punya blog ini.